Hj. Nevi Zuairina Hari Ini Diambil Sumpah dan Janji jadi Anggota DPR RI Lagi, Selamat Bu... - BERNAMA.ID
News Update
Loading...

Selasa, 01 Oktober 2024

Hj. Nevi Zuairina Hari Ini Diambil Sumpah dan Janji jadi Anggota DPR RI Lagi, Selamat Bu...

Bernama.id - Padang l Sangat kencang waktu berlalu, 2019 lalu begitu takjub Hj. Nevi Zuairina meraih suara terbanyak di PKS pada Dapil Sumbar II, Hj Nevi pun 1 Oktober 2019 diambil Sumbar dan janji sebagai Anggota DPR RI 2019-2024.

Istri dari Gubernur Sumbar 2 periode (2010-2021) Prof Irwan Prayitno, di bulan-bulan pertama kerja sebagai wakil rakyat Republik Indonesia (RI) bayang-bayangan Prof Irwan masih kentara melekat  ke Hj. Nevi. 

Tapi pelan, pasti dan telaten merawat Daerah Pemilihan, Hj Nevi Zuairina pun menjelma menjadi sosok wakil rakyat berbasiskan bundo kanduang Minangkabau. 

Hj. Nevi lantang bersuara untuk kepentingan rakyat dan pejuang aspirasi masyarakat di Dapil Sumbar II. 

Bahkan untuk turun  ke Dapil  nya Hj. Nevi Zuairina tidak ada duanya. 

"Hj. Nevi menjelang menjadi legislator tangguh bersuara terhadap setiap pelaksanaan pemerintahan dan tangguh mengawal aspirasi Dapil nya," ujar Ketua Jaringan Pemred Sumbar Adrian Tuswandi pada tulisannya tepat 1 Oktober 2024, Hj Nevi bersama 13 Anggota DPR RI asal Sumbar diambil. Sumpah dan janji nya di Senayan DPR RI. 

Periode kedua Hj. Nevi Zuairina tetap menjadi "singa betina" Parlemen Indonesia, untuk Dapil Sumbar II khususnya dan Sumatera Barat umumnya Hj. Nevi berkomitmen akan meningkatkan program kerjanya lebih berdampak luas kepada masyarakat di Sumbar. 

"Insya Allah Hj. Nevi Zuairina dalam membangun Sumatera Barat lewat jalur DPR RI pada periode kedua nya,  Ba’da tahmid dan sholawat", ujar Toaik biasa Adrian Tuswandi dikenal publik  Sumbar usai chat WhatsApp dengan Hj Nevi Selasa 1 Oktober 2024 pagi.

Saat ini, kata Hj. Nevi Zuairina diamanahkan sebagai Anggota DPR RI komisi VI. Dengan mitra kerja di pemerintahan pada Komisi VI seperti Kementerian BUMN, Perdagangan, investasi, Koperasi, dan lainnya. Tentu menjadi suatu keharusan bagi dia untuk bisa maksimal menjalankan fungsi kedewanan terhadap mitra tersebut, dan memberikan yang terbaik untuk mewujudkan keadilan dan kesejahteraan bangsa ini, khususnya di wilayah Sumatera Barat, Dapil II. 

"Berbicara kontribusi tentu refleksi dari apa yang sudah dikerjakan. Sejak awal terpilih pada periode 2019-2024, saya memiliki program pelayanan kepada warga sumatera barat di dapil 2 melalui visi “Anggota dewan yang peduli keluarga, petani, dan pelaku UMKM yang religius", ujar Hj Nevi. 

Dan pada periode kedua jabatan selalu Anggota DPR RI Hj Nevi semakin memperkuat komitmen atas capaian kerja pada periode pertama, yaitu:

1.Peduli Keluarga.
Dalam artian disini bahwa fitrah sebagai ibu dan Bundo kandung, saya ingin keluarga masyarakat ini kokoh, harmonis, dan berkepribadian Pancasila.
Keluarga sebagai ikatan sosial terkecil masyarakat sangat menentukan kuat atau lemahnya bangsa kita. Sehingga ini perlu mendapat perhatian lebih dari kita semua. 
Di antara kegiatan yang sudah dan akan dilakukan adalah selalu berusaha mengingatkan kepada bapak ibu semua untuk memprioritaskan perhatian kepada keluarga melalui seminar atau motivasi, memberikan santunan anak yatim dan dhuafa, dan memberikan advokasi yg kuat pada perlindungan ibu dan anak. 

"Termasuk dalam hal ini adalah mendorong ketahanan ekonomi keluarga melalu kelompok-kelompok UMKM yang mayoritas oleh ibu-ibu rumah tangga dengan memberi bantuan berupa alat-alat produksi, seperti mesin jahit, alat masak, dan lain-lain", ujar Hj Nevi Zuairina. 

2. Peduli Petani

Petani merupakan salah satu tonggak utama dalam kehidupan kita berbangsa dan bernegara. Tanpa petani, tentu negara manapun di dunia ini akan masuk dalam kekacauan karena Krisis pangan. Sehingga, sampai kapanpun, petani harus tetap ada dan menjadi perhatian oleh kita semua.

Namun, ditengah vital dan sangat penting nya keberadaan petani dalam menjaga ketahanan nasional,, masih sangat banyak petani kita yang belum sejahtera. Perlu bagi kita semua untuk kembali meluruskan cara berpikir kita terhadap aset bangsa ini, utamanya pemerintah dan para pengambil kebijakan.

"Untuk itu, saya pribadi menaruh hormat kepada para petani dan berusaha memberikan yg terbaik u pertumbuhan dan eksistensi petani kita melalui ikhtiar yg bisa saya lakukan," ujarnya. 

Di antaranya adalah : memberikan bantuan alsintan kepada petani yg membutuhkan, memberikan bantuan advokasi kepada petani, serta memberikan edukasi  terhadap pemberdayaan dan kesejahteraan para petani dan keluarga tani.

3. Peduli UMKM
Sadar atau tidak , bahwa UMKM sangat mendominasi struktur pelaku ekonomi di negara kita. Sumbangan untuk stabilitas ekonomi negara kita sangat besar, yakni mencapai 57% PDB kita. Saat ini lebih kurang ada 64 juta pelaku UMKM dg serapan tenaga kerja mencapai 97% dari total lapangan kerja yang ada di Indonesia. Sehingga tentu ini harus terus dipertahankan dan ditingkatkan peluang serta eksistensi nya dalam perekonomian kita.

"Kementerian UMKM masuk kedalam salah satu mitra kerja saya di komisi VI. Adapun bentuk perhatian saya kepada UMKM ini adalah melalui program : pelatihan-pelatihan yg dibutuhkan oleh pelaku UMKM di masyarakat, memberikan bantuan-bantuan yang relevan baik materi maupun immateri kepada pelaku UMKM, serta memberikan bantuan advokasi kepada UMKM yg membutuhkan di lapangan .

4. Religius

Pada dasarnya masyarakat kita ini sangat religius, sadar akan kewajiban nya kepada Allah SWT dalam setiap kesempatan. Tersirat dan tersurat dari falsafah dasar adat Minangkabau yg berbunyi "adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah". 

Tetapi nilai-nilai ini kalau kita perhatikan sudah mulai pudar dalam sendi kehidupan masyarakat kita. Khususnya dari kalangan anak-anak muda kita.  Sehingga harus menjadi perhatian kita semua dalam menyelamatkan mereka anak-anak muda, dan tentu jg harus dipahamkan orang tua nya.

Untuk itu, hal ini menjadi perhatian saya dan berusaha memberikan yg terbaik dalam mewujudkan masyarakat yg religius. Diantaranya melalui program : pembangunan dan pembinaan pada pondok-pondok tahfidz, pembinaan dan perhatian kepada majelis taklim/wirid ibu-ibu, serta berkontribusi pada kegiatan-kegiatan keagamaan masyarakat.

Mengenai kontribusi, sejak awal di DPR RI, saya telah memberikan dan menyalurkan banyak bantuan kepada para petani, pelaku UMKM, dan masyarakat umum di sumatera barat, khususnya tersebar di Dapil 2. 

Ada ratusan titik masyarakat dengan nilai bantuan puluhan milyar yang sudah diberikan dalam mewujudkan visi tadi. Dan saya masih akan terus mengembangkan proses pencapaian visi tadi kedepannya. Dengan berharap sumbar kedepannya, khususnya dapil 2, bisa terbentuk masyarakat, petani, dan pelaku UMKM yang religius, berkeadilan dan sejahtera.

Inilah dengan segala keterbatasan saya, menjadi prioritas dalam menjalankan amanah sebagai anggota dewan. Tentu bukan berarti urusan yang lainnya tidak penting. Namun melalui kerja sama dan sinergitas dengan struktur partai di setiap tingkatannya serta doa dan dukungan dari masyarakat, semoga kerja-kerja ini diberkahi Allah dan dirasakan masyarakat. Sehingga pada setiap momen-momen demokrasi kedepan, masyarakat menaruh harapan kepada PKS dan kader-kadernya, serta mempercayakan PKS untuk memimpin Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Maka seluruh persoalan bangsa, baik urusan keluarga sampai urusan negara, akan menjadi prioritas kerja untuk diselesaikan. Wallahualam bishowab.

"Selamat buat Hj Nevi teruslah berteriak untuk sejahteranya UMKM dan Petani, serta teruslah jadi wakil rakyat ustazah untuk memperkuat nilai kereligiusan umat bu", ujar Adrian Tuswandi. (NZMC/Arif)

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done