MEMULIAKAN HARI JUM'AT - BERNAMA.ID
News Update
Loading...

Senin, 30 September 2024

MEMULIAKAN HARI JUM'AT

Oleh: H. Irsyad Syafar, Lc, M. Ed (Ketua Sementara DPRD Sumatera Barat)


Allah Swt mengistimewakan hari Jum'at dengan banyak kemuliaan. Maka seharusnya seorang hamba yang beriman juga mengistimewakannya. Dan itu merupakan salah satu bentuk dari adab seorang hamba kepada Rabbnya.

Ada banyak bentuk atau cara dalam memuliakan hari Jum'at. Ibnu Qudamah Al Maqdisi, dalam bukunya Mukhtashar Minhajul Qashidin menyebutkan 15 adab terhadap hari Jum'at:

1. Telah menyiapkan diri semenjak hari Kamis dan malam Jum'at, dengan membersihkan pakaian yang akan dipakai esok harinya dan kebutuhan lainnya di hari Jum'at.
2. Mandi di hari Jum'at dan diutamakan menjelang berangkat ke masjid.
3. Berhias di hari tersebut untuk melaksanakan shalat Jum'at dengan memakai wangi-wangian, memotong kuku, bersiwak atau menggosok gigi dan memakai pakaian terbaik.
4. Lebih awal berangkat ke masjid untuk mendapat balasan terbaik dan berangkat berjalan kaki dengan penuh khusyuk dan ketenangan. Lebih bagus kalau berniat iktikaf semenjak masuk sampai keluar dari masjid.
5. Tidak melangkahi pundak para jamaah yang telah lebih dahulu datang, walaupun ada tempat yang kosong. Dan tidak memisah tempat duduk dua orang kecuali meminta izin kepada keduanya.
6. Tidak berjalan di depan orang yang sedang shalat, sebab sebuah perbuatan yang sangat tercela.
7. Berusaha untuk mendapatkan shaf pertama atau terdepan karena itu posisi yang mulia. Kecuali kalau sudah terlambat.
8. Berhenti dari amalan sunat atau berdzikir apabila imam sudah naik mimbar, dan fokus untuk menjawab adzan dan mendengarkan khutbah.
9. Melaksanakan shalat sunat setelah shalat Jum'at, bisa 2 raka'at, atau 4 raka'at dua kali salam.
10. Tetap berada di masjid sampai waktu ashar untuk beribadah (melanjutkan iktikaf) jika tidak ada kewajiban yang lebih utama.
11. Mencari-cari saat-saat terbaik di hari Jum'at untuk berdoa kepada Allah, yang waktu itu doa-doa dikabulkan Allah. Para ulama berbeda pendapat tentang waktunya, dari berbagai hadits yang ada. Mungkin antara waktu imam (khatib) duduk sampai shalat selesai. Mungkin antara imam selesai khutbah sampai shalat jum'at selesai. Mungkin juga waktu-waktu terakhir setelah Ashar sampai jelang Maghrib.
12. Memperbanyak shalawat untuk Rasulullah Saw selama hari Jum'at. Kalau bisa mencapai 80 kali atau lebih.
13. Membaca surat Al Kahfi dari awal sampai akhir. Dan sudah bisa dimulai semenjak hari kamis malam, sebagaimana terdapat dalam hadits yang shahih.
14. Memperbanyak sedekah pada hari Jum'at dan ibadah sunnah lainnya.
15. Dianjurkan pada hari Jum'at untuk memperbanyak kerja-kerja akhirat, dan mengurangi kerja-kerja dunia. Jika tidak memungkinkan, hendaklah menambahkan porsi ibadahnya di hari tersebut dibanding hari-hari yang lain.

Wallahu A'lam.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done