Fitria Yunita, Aktivis Bundo Kanduang Berjuang untuk Masyarakat Melalui DPRD Tanah Datar - BERNAMA.ID
News Update
Loading...

Selasa, 19 Desember 2023

Fitria Yunita, Aktivis Bundo Kanduang Berjuang untuk Masyarakat Melalui DPRD Tanah Datar

 
Bernama.id - Tanah Datar l Fitria Yunita, S.Pd.I seorang aktivis Bundo Kanduang juga pendidik mencalonkan diri sebagai Calon Anggota Legislatif (Caleg) DPRD Tanah Datar dari Dapil 3 yaitu Kecamatan Pariangan, Batipuh dan X Koto. Ia maju melalui Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan nomor urut 6.
 
Fitria mengatakan, semangatnya untuk menjadi Anggota DPRD Tanah Datar karena ingin memperjuangkan perlindungan terhadap ibu dan anak, peraturan tentang bundo kanduang, memperjuangkan kesejahteraan petani dan pelaku usaha kecil.
 
"Isu perempuan dan anak belakangan ini banyak terjadi di daerah kita, seperti stunting, pelecehan terhadap perempuan, kematian ibu melahirkan, anak-anak korban narkoba dan lain sebagainya. Ini misi pertama yang ingin saya perjuangkan jika terpilih nanti menjadi anggota DPRD Tanah Datar. Saya akan berjuang agar di Tanah Datar ada Peraturan Daerah (Perda) Perlindungan Anak dan Perempuan," katanya.
 
Karena selama ini aktif terlibat berbagai kegiatan organisasi Bundo Kanduang, ia juga akan memperjuangkan peraturan dan berbagai program inovatif untuk Bundo Kanduang.
 
"Saya selama ini banyak terlibat di organisasi Bundo Kanduang, saya juga akan berjuang agar pemerintah daerah merumuskan peraturan khusus untuk Bundo Kanduang, terutama anggaran yang memadai sehingga memunculkan program inovatif. Bundo Kanduang adalah kompenen utama dalam budaya kita di Minangkabau yang matrilineal," ungkapnya.
 
Dijelaskannya, sesuai dengan fungsi legislatif yaitu penganggaran, membentuk peraturan daerah bersama bupati dan pengawasan terhadap pemerintah daerah, ia juga akan fokus memperjuangkan peningkatan kesejahteraan petani dan pelaku usaha kecil.
 
"Saya juga akan fokus berjuang untuk peningkatan kesejahteraan petani dan pelaku usaha kecil di daerah kita nanti melalui DPRD Tanah Datar.  Sebagaian besar masyarakat kita adalah petani. Pemerintah daerah harus memberikan perhatian yang besar bagi petani kita. Kemudian juga peningkatan bagi pelaku usaha kecil kita mulai dari produksi hingga pemasaran," kata Fitria.
 
Fitria Yunita meminta doa dan dukungan kepada masyarakat di Dapil 3 Kabupaten Tanah Datar yaitu Kecamatan Pariangan, Batipuh dan X Koto untuk memilihnya pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang.
 
"Insyaa Allah saya berjuang ini untuk kepentingan masyarakat Tanah Datar, terutama di Dapil 3 agar kehidupan masyarakat kita bisa lebih baik ke depan," katanya penuh semangat.

Fitria Yunita, S.Pd.I merupakan puteri terbaik Nagari Tabek, Kec. Pariangan, Kab. Tanah Datar.  Ia merupakan anak dari H. Asmadikar dan Hj. Liza Yuniarti, adik dari Musfi Yendra, seorang tokoh muda Sumatera Barat.
 (Relis)
 

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done