Anggota DPD RI Dapil Sumatera Utara Muhammad Nuh Berdialog Dengan Pimpinan Pesantren - BERNAMA.ID
News Update
Loading...

Senin, 18 Desember 2023

Anggota DPD RI Dapil Sumatera Utara Muhammad Nuh Berdialog Dengan Pimpinan Pesantren



Bernama.id - Tabagsel l Dalam lawatannya berkeliling Tabagsel (Tapanuli Bagian Selatan) dan Labuhan Batu Raya, Muhammad Nuh, Anggota DPD RI mewakili Sumatera Utara berkesempatan bertemu dan bersilaturrahim dengan puluhan Pimpinan Pesantren di Padangsidimpuan, Tapanuli Selatan, dan Mandailing Natal pada Senin, 18 Desember 2023.

Muhammad Nuh yang pernah "mondok" di Pesantren Ath-Thoyibah, Labuhan Batu dan "nyantri" serta mengajar pada pesantren di Pasuruan, Jawa Timur, dalam sambutan pengantarnya dalam acara silaturrahim tersebut menyampaikan rasa hormat dan bangganya dengan dunia pesantren.

Muhammad Nuh mengatakan, "Prof. Ahmad Mansur Suryanegara, pakar sejarah menyebutkan dalam bukunya Api Sejarah, peran Kyai dan Santri dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia sangat nyata."

Muhammad Nuh yang juga diamanahi dalam jajaran Dewan Pertimbangan (Wantim) MUI Sumatera Utara mengungkapkan, "Di awal kemerdekaan, Bung Karno merasa khawatir kemerdekaan Indonesia terancam karena akan kembalinya kaum penjajah. Beliau sowan ke Hadhratusy Syaikh KH Hasyim Asy'ari Rahimahullah, memohon nasehat dan dukungan. Kyai Hasyim mengumpulkan Ulama se-Jawa dan Madura, bermudzakarah dan musyawarah. Pada tanggal 22 Oktober 1945 dikeluarkanlah Resolusi Jihad oleh KH Hasyim Asy'ari sebagai Rais Akbar Nahdlatul Ulama."
Sebagai penghormatan negara atas peran Santri dan Ulama dalam mempertahankan kemerdekaan, tanggal 22 Oktober ditetapkan sebagai Hari Santri Nasional.

Muhammad Nuh melanjutkan, "Menurut Dr. Hidayat Nurwahid, Ketua MPR RI (2004-2009), Resolusi Jihad Kyai Hasyim Asy'ari berpengaruh besar menggerakkan para pemuda Surabaya di bawah komando Bung Tomo pada 10 November 1945 yang kemudian ditetapkan 10 November sebagai Hari Pahlawan."

Dalam sesi dialog, Pimpinan Pesantren Darul Mursyid Sipirok yang turut hadir menyampaikan adanya forum pesantren -pesantren di Tabagsel yang berusaha mengembangkan ekonomi pesantren untuk mewujudkan kemandirian pesantren. Muhammad Nuh yang juga Pembina Pesantren  Al-Uswah, Kuala, Langkat, mengapresiasi upaya tersebut. Dan menyebutkan bahwa kini pesantren-pesantren tidak sedikit yang mengembangkan potensi ekonominya. Di antaranya Pesantren Sidogiri di Pasuruan, Jawa Timur.

Para Kyai Pimpinan Pesantren merasa senang berdialog dengan Anggota DPD RI asal Sumatera Utara yang berlatar belakang santri.
Bahkan pada forum tersebut terungkap harapan, mudah-mudahan pada Pemilu 14 Februari 2024, terpilih Presiden dan Wakil Presiden yang punya latar belakang dunia pesantren dan punya perhatian besar pada pendidikan pesantren. Semoga....Aamiin. (****)








Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done