75 Pelaku UMKM Pokir JJ Dt Gadang Ikuti Sosialisasi Legalitas Usaha dan Produk - BERNAMA.ID
News Update
Loading...

Selasa, 13 Juni 2023

75 Pelaku UMKM Pokir JJ Dt Gadang Ikuti Sosialisasi Legalitas Usaha dan Produk


Bernama.id - Kayu Tanam l Legalisasi usaha dan produk bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah langkah yang harus ditempuh guna memajukan usaha yang sedang dilakukan. Karena dengan legalisasi usaha dan produk akan memperoleh banyak kemudahan, terutama soal pendanaan, pemasaran dan perizinan serta sertifikasi produk yang dihasilkan.

Penegasan ini disampaikan Anggota DPRD Sumbar JJ Dt Gadang Anggota DPRD Sumbar dari Dapil II (Padang Pariaman dan Kota Pariaman), JJ Dt. Gadang saat membuka Sosialisasi Legalisasi Usaha dan Produk pelaku UMKM Padang Pariaman Angkatan I 2023, Selasa (13/6/2023) di Dempo Anailand Resort, Kayutanam, Padang Pariaman.

Kegiatan Sosialisasi Legalisasi Usaha dan Produk bagi pelaku UMKM Padang Pariaman Angkatan I 2023 ini, dilaksanakan Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Diskop UKM) Pemprov Sumbar. Kegiatan diikuti 75 peerta dari pelaku UMKM yang ada di tiap nagari di Kecamatan 2x11 Kayutanam dan kalangan niniak mamak. Tampak dadir dalam kesempatan ini, Kepala Dinas Perdagangan, Tenaga Kerja Koperasi dan UKM Padang Pariaman Jon Kenedi, S.Sos,MM dan rombongan, Camat 2x11 Kayuatanam Junadi Syah.

JJ Dt Gadang juga menyebutkan, salah satu bentuk legalisasi produk itu yakni dengan membangun koperasi yang berbadan hukum dan membuat NIB (Nomor Induk Berusaha) bagi semua pelaku UMKM secara mandiri-mandiri.

Dalam kesempatan ini, JJ Dt Gadang juga menyampaikan, kegiatan sosialisasi ini disamping merupakan bagian komitmen sebagai salah seorang wakil rakyat yang selalu konsen membangun dan mengembangkan ekonomi kerakyatan terutama di nagari-nagari di Padang Pariaman dan Kota Pariaman, juga bagian dari cara pengembangan koperasi dan penguatan UMKM.

"Ini sejalan dengan tekad Pemeritah Provinsi Sumatera Barat menumbuhkan 100 ribu enterpreneur (wira usaha) baru. Dan program ini merupakan usaha yang patut didukung penuh. Ya, salah satunya dengan cara penguatan kalangan pelaku UMKM," katanya.

Untuk itu, sambung JJ Dt. Gadang, salah satu upaya yang ia lakukan yakni dengan mengaplikasikannya dalam penempatan dana Pokir di berbagai kegiatan yang mengarah ke arah yang mendukung dan menumbuhkan serta menguatkan kalangan wira usaha baru, terutama UMKM dalam kerangka peningkatan dan pengembangan ekonomi kerakyatan di Sumatera Barat, terutama di Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Pariaman.

Disambung JJ Dt Gadang, kegiatan ini dirancang dalam rangka menambah wawasan dan pengetahuan para Pelaku UMKM dalam rangka pengambangan kemampuan dan penguatan SDM pelaku UMKM di lokasi masing-masing peserta yang tinggal di Kabupaten Padang Pariaman.

Anggota Komisi III DPRD Sumbar ini berharap, setelah mengikuti kegiatan ini peserta bisa membangun kelompok koperasi yang baik dan berkembang untuk membangkitkan UMKM di nagari-nagari yang ada di Kabupaten Padang Pariaman.

"Semua peserta diharapkan bersama-sama membangun koperasi berbadan hukum untuk pengembangan UMKM yang sedang dilakukan maupun yang baru dirintis di nagarinya. Sehingga berdampak luas dalam membantu perekonomian di tengah masyarakat," ujar Anggota Fraksi Gerindra ini.

"Kami berharap nantinya para peserta akan semakin bertambah wawasannya dalam bidang legalitas usaha dan produk sehingga usahanya semakin berkembang," tukuknya.

Sementara itu, Kepala Bidang Perberdayaan Usaha Kecil Diskop UKM Sumbar, Hilma, SE, M.Si dalam laporannya menyebutkan, kegiatan ini merupakan kegiatan perdana yang dilakukan di Sumbar.

"Diskop UKM Sumbar sangat mendukung sekali kegiatan ini, apalagi adanya tekad dan keinginan dari Bapak JJ Dt Gadang membangun dan menguatkan koperasi di setiap nagari-nagari di Kabupatan Padang Pariaman dan Kota Pariaman", katanya.

Ia menyebutkan, membangun koperasi dan melakukan legalisasi usaha dan produk merupakan langkap maju bagi peningkatan ekonomi kerakyatan di nagari. Sehingga, nantinya akan terbangun dunia usaha yang kuat yang mulai dari nagari-nagari atau desa di Padang Pariaman dan Kota Pariaman.

Untuk itu, kagiatan ini diisi dengan rangkaian kegiatan yang mengarah kepada penguatan UMKM dan gerakan membangun koperasi di nagari-nagari dengan pembicara yang kompetan di bidangnya. Mereka yang memberikan materi yakni Kadis Kop UKM Sumbar, Dr. Endrizal, SE, M.Si, kemudian Kepala Dinas Perdagangan, Tenaga Kerja Koperasi dan UKM Padang Pariaman Jon Kenedi, S.Sos,MM, Ketua Koperasi Mersi Padang Panjang (Serambi Milk) Ridwansyah, SE.


Acara yang berlangsung sehari penuh ini ditutup oleh Kadis Kop UKM Sumbar, Dr. Endrizal, SE, M.Si, dengan kegiatan puncak pengukuhan pengurus UMKM nagari-nagari se Kecamatan 2x11 Kayutanam yang akan menjadi pendiri koperasi-koperasi di nagari yang ada di kecamatan. (*)



Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done