Persatuan Insinyur Indonesia (PII), Kumpulan Ahli - BERNAMA.ID
News Update
Loading...

Kamis, 04 November 2021

Persatuan Insinyur Indonesia (PII), Kumpulan Ahli



Oleh Ir. Yohanes Wempi. SPt. IPP. CST


Persatuan Insinyur Indonesia (PII) adalah organisasi yang berdiri sejak Tahun 1952 didirikan oleh Bapak Ir. Djuanda Kartawidjaja dan Bapak Ir. Rooseno Soeryohadikoesoemo  di Bandung. PII merupakan organisasi profesi tertua kedua di Indonesia setelah Ikatan Dokter Indonesia (IDI). 

Dalam sejarahnya PII telah banyak menelurkan cendekiawan-cendekiawan dan profesional-profesional yang memegang peranan penting di tanah air dalam beberapa dekade ini dan semenjak lahir Undang-Undang (UU) Nomor 11 tahun 2014 tentang Keinsinyuran.

Dengan adanya UU Nomor 11 tahun 2014 peran dan keberadaan PII sangat penting. Sehingga PII didalam menjalankan proses kaderisasi Insinyur melalui programnya dipastikan melahirkan ahli, in syaa Allah. Selain itu juga berisikan pengetahuan keinsinyuran (sains dan teknologi) yang menitikberatkan pada pengenalan dan pemantapan keahlian profesi.

Insinyur dalam kerangka UU tersebut adalah sebagai payung utama kelembagaan, pembangunan menjalankan profesi keinsinyuran pada proyek-proyek infrastruktur mulai terlibat dari fase inisiasi, fase perencanaan, fase eksekusi dan monitoring dan fase project close-out dan ini tidak main-main. Sedangkan pemerintah sangat membutuhkan insinyur-insinyur handal yang mengedepankan profesionalisme, etika dan integritas dengan menjunjung tinggi dan menjalankan kode etik profesi Insinyur.

Dengan adanya aturan keinsinyuran maka Insinyur Indonesia diharapkan menjamin kehandalan serta keunggulan mutu, biaya dan waktu penyerahan hasil dari setiap pekerjaan dan karyanya, salah satu uraian dari tuntunan sikap dan perilaku Insinyur terhadap itu.

Penulis selaku Ketua Umum Pimpinan Cabang PII Kota Padang mengajak semua komponen pemangku kepentingan untuk mendorong agar UU nomor 11 tahun 2014 diimplentasikan secara utuh demi kemajuan dunia keinsinyuran dan lahirnya ahli Insinyur Indonesia yang mendunia.

Karena PII merupakan wadah ahlinya para Insinyur maka semua sektor, tergabung didunia keinsinyuran dilibatkan kedepan oleh PII Kota Padang. Perlu disampaikan ada 23 badan kejurusan yang ada di PII. Diantaranya adalah teknik arsitektur, teknik elektro, teknik industri, teknik kimia, pertanian, peternakan, kelautan dan yang untuk yang ke- 23 adalah kehutanan[*].

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done