Hermanto Sosialisasikan Maggot kepada Petani Tanah Datar - BERNAMA.ID
News Update
Loading...

Sabtu, 20 November 2021

Hermanto Sosialisasikan Maggot kepada Petani Tanah Datar


Bernama.id - Batusangkar l Anggota DPR RI Dapil Sumbar I Hermanto dalam kunjungan kerjanya di Daerah Pemilihan menyempatkan bertemu dengan petani Kabupaten Tanah Datar guna mensosialisasikan manfaat maggot dalam kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Akselerasi Ekspor Budidaya Maggot di Hotel Emersia, Batusangkar, Sabtu 20/11/2021. Ia berharap ada dari peserta kegiatan ini kelak menjadi eksportir maggot.

"Maggot itu berasal dari salah satu jenis ulat. Banyak orang jijik saat melihat ulat. Tapi kini yang terlihat jijik itulah yang kita kelola menjadi intan permata," ujar Hermanto dalam sambutannya saat membuka kegiatan tersebut.

Maggot, jelasnya, memiliki multifungsi. Maggot merupakan alternatif pakan ternak yang kaya protein. "Penggunaan maggot sebagai pakan mampu menurunkan biaya produksi ternak," ucap legislator dari FPKS DPR RI ini.

Maggot, lanjutnya, mampu mengurai limbah organik menjadi pupuk organik. "Ini berarti maggot berperan aktif dalam kelestarian lingkungan dan berkontribusi menyuburkan tanaman," papar Hermanto.

Dengan demikian, katanya, budidaya maggot tidak sulit. Bahan bakunya berupa sampah organik, murah dan mudah didapat. "Kesuksesan dalam budidaya maggot tergantung kedisiplinan kita. Disiplin mengumpulkan sampah organik," tutur Hermanto.

Dengan sentuhan sains, mengelola sampah maka memanen maggot. "Mengubah barang yang semula tidak bermanfaat menjadi bermanfaat dan menghasilkan uang," pungkas legislator dari Komisi IV DPR RI ini.

Kegiatan bimtek terselenggara atas kerjasama Badan Karantina Pertanian dengan Komisi IV DPR.  Hadir dalam kegiatan ini Koordinator Keamanan Hayati Hewani Sri Endah Ekandari, Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas I Padang Iswan Haryanto, Staf Ahli Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Tanah Datar Nusirwan serta 3 tokoh setempat Adib Fadil, Firdaus Agus dan Ade Raunas.(rel/Arif)

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done