"Final" KNPI Sumbar Pecah, Senior Pemuda Sumbar Kecewa - BERNAMA.ID
News Update
Loading...

Senin, 08 November 2021

"Final" KNPI Sumbar Pecah, Senior Pemuda Sumbar Kecewa

Oleh : Labai Korok Piaman

Berita hari ini diwarnai finalnya dualisme DPD KNPI Sumbar secara musyawarah. Informasi pertama viral tentang Musyawarah Provinsi XV Pemuda/KNPI Sumbar menetapkan Angga Azkardha, SE, M.IPol sebagai Ketua DPD KNPI Periode 2021-2024. Angga menang atas Kuya Fikri dalam proses pemilihan dilaksakan Hotel Grand Zuri.

Musprov XV ini digelar setelah dilaksanakan Rapat Pimpinan Paripurna Daerah (Rapimpurda) antara kepengurusan KNPI versi Raden Andreas yang dihadiri Ketua Erick Hariyona dan KNPI Versi Harris Pertama yang diketuai oleh Doni Harsiva Yandra. Kedua organisasi ini sepakat untuk bersatu dalam melanjutkan kepengurusan.

Info media Sumbar menjelaskan juga bahwa Musdaprov KNPI ke-XV yang menetapkan Bung Angga Azkardha, SE, M.IPol, aktivis HMI ini sebagai Ketua DPD KNPI Sumbar sangat sah karena dihadiri lebih dari 60% OKP/DPD KNPI Kab/Kota dihadiri oleh 30 OKP dan 19 DPD II KNPI Kabupaten/Kota, yang memiliki hak.

Sedangkan melalui media sosial lain juga kubu DPD KNPI Sumbar versi Fadli menjelaskan bahwa Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sumatera Barat (Sumbar) telah selesai melaksanakan Musyawarah Daerah Provinsi (Musdaprov) ke 15, Senin 8 November 2021,  Hasilnya, Nanda Satria terpilih jadi Ketua Umum KNPI Sumbar.

Jadi, menyikapi media yang ada maka sah secara de fakto "final" dua kubu DPD KNPI Sumbar yaitu DPD KNPI Sumbar dipimpin oleh Nanda Satria dan kedua DPD KNPI Sumbar dipimpin oleh Angga Azkardha, SE, M.IPol hasil Musdaprov tanggal 8 November 2021 di Hotel Grand Zuri.

Penulis melalui tulisan-tulisan sebelumnya mendorong Pemuda Sumbar bersatu, KNPI Sumbar melakukan Musdaprov dilakukan bersama. Opini yang Penulis buat juga seide dengan para senior alumni atau mantan Ketua DPD KNPI Sumbar lintas angkatan.

Pertemuan senior terlengkap diadakan dihotel Grand Zuri diinisiasi oleh Bung Adib Alfikri, hadir malam hari itu Asnawi ‘Ucok’ Bahar, Kandris Asrin, Yul Akhyari Sastra, Marzul Veri, Rizaldi Algamar, dan Adib Fikri. Mereka para senior ini menyepakati akan memediasi diadakan musyawarah daerah bersama.

Namun info yang berkembang sebelum kedua Musdaprov KNPI ke-XV terlaksana ada satu kubu yang tidak bersedia, sedangkan kubu Angga Azkardha, SE, M.IPol Ketua DPD KNPI Sumbar sudah menyetujui disaat diselengarakanya Rapimpurda bersama DPD KNPI Sumbar versi Donny Harisva Yandra dengan DPD KNPI Sumbar versi Erik Hariyona. 

Sekarang, halaman media sangat viral memberitakan dualisme DPD KNPI Sumbar versi Angga dan DPD KNPI Sumbar veri Nanda. Penulis mengucapkan "selamat" untuk kedua Ketua DPD KNPI Sumbar ini. Walaupun selaku Pemuda Sumbar sangat menyangkan perpecahan ini terjadi.

Penulis berharap melalui tulisan ini, sesuai dengan tulisan sebelumnya agar Pemerintah Pusat yaitu Menkumham (Mentri Hukum dan HAM) secepatnya mendorong Kongres Pemuda Indonesia bersama paska Menteri membubarkan secara hukum semua KNPI melalui surat nomor AHU. UM. 01.01-46[*].

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done