Singgah di Kota Solok, Hermanto Serahkan Bantuan kepada Petani Kota - BERNAMA.ID
News Update
Loading...

Kamis, 21 Oktober 2021

Singgah di Kota Solok, Hermanto Serahkan Bantuan kepada Petani Kota


Bernama.id - Solok l Anggota DPR RI Dapil Sumbar I Hermanto dalam Kunjungan Kerjanya di Daerah Pemilihan singgah di Kota Solok menyerahkan pengelolaan Program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) bantuan Pemerintah kepada 3 kelompok wanita tani (KWT) setempat. 

Ketiga kelompok tani tersebut adalah KWT Nangka, Kelurahan Laing, Kecamatan Tanjung Harapan; KWT Kasturi Gawan, Kelurahan Tanah Garam, Kecamatan Lubuk Sikarah; KWT Berkah Ilahi, Kelurahan VI Suku, Kecamatan Lubuk Sikarah.
"Kegiatan P2L agar dimaknai sebagai bantuan modal dari Pemerintah untuk masyarakat yang tergabung dalam KWT. Karena modal maka penerimanya harus punya semangat untuk mengembangkannya," ujar Hermanto dalam sambutannya usai penyerahan bantuan .

Melalui P2L, jelas Hermanto, kelompok penerima bantuan diberi modal untuk mengelola pekarangan rumah masing-masing anggota dengan tanaman sayuran berumur pendek seperti kangkung, bayam, kacang panjang, cabai dan semacamnya. "Hasil panennya dijual. Semua hasil penjualan masuk kas kelompok dan dicatat," tutur legislator dari FPKS DPR ini.

Dana yang terkumpul di kas kelompok tersebut, lanjutnya, diputar kembali sehingga kas kelompok semakin lama semakin besar. "Secara periodik ada keuntungan yang bisa dibagikan ke anggota sesuai kesepakatan. Namun sebagian besar dana terus diputar untuk keberlanjutan program ini," papar Hermanto.
"Program P2L ini dirancang untuk memberdayakan masyarakat kota. Selain untuk tambahan penghasilan masyarakat, dengan program ini tersedia pangan yang berasal dari lahan-lahan pekarangan di perkotaan," tambahnya

Bila program ini berlanjut, katanya, diharapkan pangan tersedia dengan harga yang wajar. "Masyarakat sekitar lokasi kegiatan mestinya tidak berteriak disaat harga cabai tinggi," pungkas legislator Komisi IV DPR ini.

Hadir mendampingi Hermanto dalam rangkaian kegiatan penyerahan bantuan di Kota Solok tersebut dua tokoh muda setempat Yuhendri Datuk Marajo dan Indra.(ril/Arif)

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done