Mengenal Muhammad Iqbal, Tokoh Muda Sumbar Asal Tanah Datar - BERNAMA.ID
News Update
Loading...

Kamis, 28 Oktober 2021

Mengenal Muhammad Iqbal, Tokoh Muda Sumbar Asal Tanah Datar


Hari ini merupakan hari Sumpah Pemuda Indonesia ke 93 tahun, sejak tahun 1928 yang lalu. Perjuangan kaum muda dalam pembangunan negeri ini sangat besar baik saat sebelum kemerdekaan, saat kemerdekaan, pasca kemerdekaan sampai saat ini.

Pada tahun 1928, sebelum kemerdekaan pemudalah yang mendeklarasikan Sumpah Pemuda yaitu Pertama: Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, Tanah Indonesia, Kedua: Kami Putra dan Putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, Bangsa Indonesia, Ketiga:
Kami Putra dan Putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia. 

Selanjutnya pada masa Kemerdekaan kaum mudalah yang mendorong untuk memproklamasikan kemerdekaan kepada Soekarno - Hatta. Pasca Kemerdekaan sampai saat ini pemuda terus mempunyai peran dalam pembangunan bangsa ini.

Pada saat ini banyak tokoh muda yang menjadi pemimpin baik kepala daerah maupun kepala organisasi lain yang memberikan kontribusi untuk pembangunan Indonesia. Salah satunya adalah Muhammad Iqbal. Iqbal yang dikenal sebagai tokoh muda Sumbar yang berasal dari Tanah datar ini merupakan anak muda yang aktif di berbagai organisasi maupun aktifitas sosial lainnya.

Iqbal adalah aktivis yang hari ini aktif di DPD KNPI Sumbar sebagai Wakil Bendahara dan juga di BPD HIPMI Sumbar. Keberhasilan Iqbal sebagai aktivis organisasi, mengantarkannya ke dunia politik. Iqbal di amanahkan di partai politik yaitu Sebagai Sekretaris DPD Partai Gelora Indonesia Tanah Datar.

Iqbal, putra asli Tanah Datar, Kecamatan Rambatan, Nagari Balimbiang. Anak bungsu dari pasangan Agustar (alm) dan Jasmawati ini sudah aktif sejak kecil mulai dari SD memimpin upacara dan pramuka, SMP diamanahkan sebagai Ketua OSIS, hingga  Mahasiswa menjadi Ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa di Universitas Andalas . Iqbal mempunyai cita cita bermanfaat bagi orang banyak.(*)

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done