Kolaborasi PT PLN (Persero) UIP3B Sumatera-UPT Padang dan Kantor Pertanahan Kabupaten Sijunjung selamatkan Legalitas 126 Aset Tanah Negara - BERNAMA.ID
News Update
Loading...

Jumat, 29 Oktober 2021

Kolaborasi PT PLN (Persero) UIP3B Sumatera-UPT Padang dan Kantor Pertanahan Kabupaten Sijunjung selamatkan Legalitas 126 Aset Tanah Negara


Bernama.id - Padang l Pada Rabu, 27/10/2021, Kantor Pertanahan Kabupaten Sijunjung menyerahkan Sertifikat Aset milik PT. PLN(PERSERO) sebanyak 126 Sertifikat. Penyerahan Sertifikat Aset tersebut bertepatan dengan Hari Listrik Nasional (HLN) ke 76.

Penyerahan Sertifikat Aset tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Sijunjung Hanif yang diterima oleh Manager PT.  PLN UPT Padang Taufiq Fahrudin. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Senior Manager Keuangan, Komunikasi dan Umum PT. PLN UIP3B Sumatera Herry Ristiawan secara zoom dari Kota Pekanbaru.

Herry Ristiawan dalam sambutannya mengungkapkan, "PT. PLN memiliki aset terbesar di Indonesia. Salah satunya yaitu aset tanah. Aset tanah tersebut menjadi tanggung jawab kami untuk mengamankan menggunakan, memelihara sekaligus mendayagunakannya. Urusan tanah merupakan urusan yang pelik, yang kalau tidak diselesaikan akan menimbulkan persoalan dikemudian hari."
Herry Ristiawan mengatakan, "Sebagian tanah tersebut sudah dikelola. Jika diurus secara konvensional, tidak cukup waktu untuk menyelesaikannya. Alhamdulillah, jalan mulai terbuka setelah PT. PLN mendapatkan uluran tangan dari Kementerian ATR/BPN dan diperkokoh oleh KPK."

Herry Ristiawan menuturkan, "Hal ini merupakan salah satu bentuk komitmen PT. PLN untuk mengamankan aset tanah dan bangunan yang dikelola PT. PLN demi masa depan penyediaan tenaga listrik bagi seluruh masyarakat Indonesia."

"Penyerahan 126 Sertifikat Aset PT.PLN dari BPN Kabupaten Sijunjung pada hari ini merupakan kado terindah untuk PT. PLN pada Hari Listrik Nasional ke-76", ujar Herry Ristiawan. 

"Sertifikat tanah ini tidak hanya bermanfaat bagi PT. PLN, tapi juga bagi masyarakat. Karena dengan dilegalkannya aset tanah dan bangunan yang dikelola PT PLN untuk kepentingan umum, potensi masalah yang akan terjadi berkaitan dengan kepemilikan lahan dapat diantisipasi", pungkas Herry Ristiawan.
Dalam kesempatan tersebut, Manager PT. PLN UPT Padang Taufiq Fahrudin menegaskan, "Komitmen kami untuk menyediakan layanan listrik yang handal kepada masyarakat. Alhamdulillah, regulasi terkait pengurusan aset ini sudah semakin dipermudah. Hal ini berkat adanya sinergi dan kolaborasi antara PT. PLN dengan Kementerian ATR/BPN, Pemda terkait, masyarakat dan dibawah supervisi dari KPK."

"Semoga apa yang sudah kita lakukan ini menjadi ladang amal dan berkah untuk kita semua", harap Taufiq Fahrudin.

Dalam penjelasannya, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Sijunjung Hanif mengatakan, "Dalam rangka penyelamatan aset PT. PLN di Kabupaten Sijunjung, kami hingga saat ini sudah menyelesaikan 126 Sertifikat Aset PT. PLN. Dalam proses pensertifakatan ini, kami mengucapkan terima kasih atas koordinasi dan sinergi yang diberikan oleh PT. PLN UPT Padang."
Hanif mengungkapkan, "Banyak kendala dalam proses pensertifakatan aset tersebut. Kawan - kawan dari PT. PLN saya lihat bekerja keras untuk pensertifakatan ini. Dengan kerja keras tersebut, kendala yang muncul bisa kita atasi bersama."

"Kami mengucapkan terima kasih atas koordinasi dan kerja samanya", pungkas Hanif.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan 126 sertipikat Tanah Tapak Tower PLN UIP3B Sumatera oleh Bapak Hanif dan dilanjutkan dengan penyerahan Plakat Kolaborasi PLN UPT Padang & BPN oleh Bapak Taufiq Fahrudin.(rel/Arif)

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done