Kolaborasi PT PLN (Persero) UIP3B Sumatera-UPT Padang dan Kantor Pertanahan Kabupaten Padang Pariaman Selamatkan Legalitas 111 Aset Tanah Negara - BERNAMA.ID
News Update
Loading...

Kamis, 28 Oktober 2021

Kolaborasi PT PLN (Persero) UIP3B Sumatera-UPT Padang dan Kantor Pertanahan Kabupaten Padang Pariaman Selamatkan Legalitas 111 Aset Tanah Negara


Bernama.id - Padang l Pada 27/10/2021 bertempat di PLN UPT Padang, Kantor Pertanahan Kabupaten Padang Pariaman menyerahkan 111 Sertifikat Aset milik PT PLN (PERSERO). Penyerahan sertifikat tersebut bertepatan dengan Hari Listrik Nasional (HLN) ke - 76. Penyerahan tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Kantor Pertanahan Kab. Padang Pariaman Gatot Teja Pratama yang diterima oleh Manager PT.  PLN UPT Padang Taufiq Fahrudin. Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Senior Manager Keuangan, Komunikasi dan Umum PT. PLN UIP3B Sumatera Herry Ristiawan secara zoom dari Kota Pekanbaru.
Dalam sambutannya Herry Ristiawan mengatakan, "PT. PLN memiliki aset terbesar di Indonesia. Salah satunya yaitu aset tanah. Aset tanah tersebut menjadi tanggung jawab kami untuk mengamankan, menggunakan, memelihara sekaligus mendayagunakannya. Urusan tanah merupakan urusan yang pelik, yang kalau tidak diselesaikan akan menimbulkan persoalan dikemudian hari."

Herry Ristiawan mengungkapkan, "Sebagian tanah tersebut sudah dikelola. Jika diurus secara konvensional, tidak cukup waktu untuk menyelesaikannya. Alhamdulillah, jalan mulai terbuka setelah PT. PLN mendapatkan uluran tangan dari Kementerian ATR/BPN dan diperkokoh oleh KPK."
Herry Ristiawan menjelaskan, "Hal ini merupakan salah satu bentuk komitmen PT. PLN untuk mengamankan aset tanah dan bangunan yang dikelola PT. PLN demi masa depan penyediaan tenaga listrik bagi seluruh masyarakat Indonesia."

Herry Ristiawan menuturkan, "Penyerahan 111 Sertifikat Aset PT.PLN dari BPN Padang Pariaman pada hari ini merupakan kado terindah untuk PT. PLN pada Hari Listrik Nasional ke-76."

"Sertifikat tanah ini tidak hanya bermanfaat bagi PT. PLN, tapi juga bagi masyarakat. Karena dengan dilegalkannya aset tanah dan bangunan yang dikelola PT PLN untuk kepentingan umum, potensi masalah yang akan terjadi berkaitan dengan kepemilikan lahan dapat diantisipasi", ujar Herry Ristiawan.

Dalam kesempatan tersebut, Manager UPT Padang Taufiq Fahrudin mengatakan, "Komitmen kami untuk menyediakan layanan listrik yang handal kepada masyarakat. Alhamdulillah, regulasi terkait pengurusan aset ini sudah semakin dipermudah. Hal ini berkat adanya sinergi dan kolaborasi antara PT. PLN dengan Kementerian ATR/BPN, Pemda terkait, masyarakat dan dibawah supervisi dari KPK."

Taufiq Fahrudin berharap, "Semoga apa yang sudah kita lakukan ini menjadi ladang amal dan berkah untuk kita semua."
Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Padang Pariaman Gatot Teja Pratama dalam pemaparannya menjelaskan, "Kantor BPN Padang Pariaman komit dengan pensertifakatan aset instansi pemerintah. Dengan komitmen itu, pada tahun 2021, Kantor BPN Padang Pariaman memperoleh penghargaan Pensertifakatan Terbanyak dari Kementerian Keuangan."

"Melalui komitmen tersebut saya juga berharap kolaborasi dan koordinasi yang harmonis dalam pensertifakatan aset PT. PLN (Persero) tetap terjalin dan berkelanjutan", pungkas Gatot Teja Pratama.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan 111 Sertipikat Tanah Tapak Tower PLN UIP3B Sumatera oleh Bapak Gatot Teja Pratama dan dilanjutkan dengan penyerahan Plakat Kolaborasi PLN UPT Padang & BPN oleh Bapak Taufiq Fahrudin.(rel/Arif)

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done